Foto: Perdana Menteri Solomon Island, Hon Manasye Sogavare. (doc: Sibconline)
Port Moresby, Megaphone PAPUA - Pada pertemuan Pacific Island Forum (PIF) hari ini (10/09/2015), Solomon Island terus membawa isu pelanggaran HAM di West Papua untuk tetap dijadikan persoalan penting dalam forum kepulauan pasifik.

Utusan Khusus Pemerintah Solomon Island untuk West Papua Matthew Wale dalam jumpa persnya mengatakan delegasi Kepulauan Solomon tahun ini datang dalam pertemuan  PIF membawa tiga isu untuk Persoalan di West Papua. Tiga isu tersebut diajukan langsung oleh Perdana Menteri Hon Manasye Sogavare saat retret Pemimpin di Honiara.

Isu pertama yang diajukan adalah, Mendukung West Papua melalui perwakilannya United Liberalitation Movement for West Papua (ULMWP) untuk diterima sebagai pengamat dalam (Forum Kepulauan Pasifik PIF). 

Kedua, mendesak Forum Kepulauan Pasifik (PIF) untuk menyerukan seruan tuntutan kepada Sekretaris Jenderal PBB untuk memberikan mandat kepada Komisaris PBB untuk melakukan penelitian terkait situasi HAM di West Papua, dan

Ketiga, mendesak PIF untuk menyerukan kepada Komite Dewan Dekolonisasi untuk mendaftarkan West Papua dalam daftar dekolonisasi.[Hugo/MP]


Share To:

https://m-papua.blogspot.com/?m=1

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours